Salah satu tantangan besar untuk akses Internet pada umumnya dan untuk akses broadband pada khususnya adalah untuk memberikan layanan kepada pelanggan potensial di daerah dengan kepadatan populasi rendah , seperti petani, peternak, dan kota-kota kecil.
Di kota-kota di mana kepadatan populasi tinggi, penyedia layanan lebih mudah memulihkan biaya peralatan, tetapi setiap pelanggan pedesaan mungkin membutuhkan peralatan mahal untuk bisa terkoneksi.
Sementara 66% orang Amerika memiliki koneksi Internet pada 2010, angka itu hanya 50% di daerah pedesaan, menurut Pew Internet & American Life Project.
Virgin Media mengiklankan lebih dari 100 kota di seluruh Inggris “dari Cwmbran ke Clydebank”yang memiliki akses ke layanan 100 Mbit / s mereka.
Penyedia layanan Internet nirkabel (WISP) dengan cepat menjadi pilihan broadband yang populer untuk daerah pedesaan.
Persyaratan garis pandang teknologi dapat menghambat konektivitas di beberapa daerah dengan medan berbukit dan sangat rimbun. Namun, proyek Tegola, pilot yang sukses di Skotlandia terpencil, menunjukkan bahwa nirkabel dapat menjadi pilihan yang layak.
The Broadband untuk inisiatif Pedesaan Nova Scotia adalah program pertama di Amerika Utara untuk menjamin akses “100% dari alamat sipil” di suatu wilayah. Ini didasarkan pada teknologi Motorola Canopy . Pada November 2011, di bawah 1.000 rumah tangga telah melaporkan masalah akses. Penyebaran jaringan sel baru oleh salah satu penyedia Canopy ( Eastlink ) diharapkan dapat memberikan alternatif layanan 3G / 4G, mungkin pada tingkat khusus yang tidak diukur, untuk area yang lebih sulit untuk dilayani oleh Canopy.
Di Selandia Baru, dana telah dibentuk oleh pemerintah untuk meningkatkan broadband pedesaan, dan cakupan ponsel. Proposal saat ini termasuk: (a) memperluas jangkauan serat dan meningkatkan tembaga untuk mendukung VDSL, (b) fokus pada peningkatan cakupan teknologi ponsel, atau (c) nirkabel regional.
Beberapa negara telah mulai menggunakan Hybrid Access Networks untuk menyediakan layanan Internet yang lebih cepat di daerah pedesaan dengan memungkinkan operator jaringan untuk secara efisien menggabungkan jaringan XDSL dan LTE mereka.

sumber wikipedia